Mengapa dukungan keras Manchester United habis saat bertandang ke Porto?

Manchester United hanya memenangkan satu dari 10 pertandingan terakhir mereka di kompetisi Eropa dan belum pernah memenangkan satu pun dari lima pertandingan tandang terakhir mereka. Namun, semua tiket tetap berlaku untuk setiap pertandingan tandang, dengan pertandingan penyisihan grup Liga Europa Porto pada hari Kamis menjadi pertandingan terbaru yang mengalami kelebihan permintaan.

Namun, ada beberapa kursi kosong di bagian tandang yang berkapasitas 2.500 orang karena fans yang memiliki tiket tidak bisa masuk ke dalam stadion. Alih-alih menghabiskan satu hari di tepi Sungai Douro, 180 penggemar di penerbangan resmi klub menghabiskan hari itu di dalam Bandara Manchester sebelum penerbangan mereka dibatalkan.

Kami berbicara dengan banyak dari mereka yang tertinggal. “Kami bangun jam 4.30 pagi dan berada di Bandara Manchester untuk check in jam 6 pagi,” jelas John Nield, yang bepergian bersama putranya yang berusia 17 tahun, Alex, yang populer di kalangan basis penggemar United. Casemiro telah melihat Alex pada latihan pra-musim di Los Angeles pada bulan Juli dan mendorong kursi roda remaja tersebut ke pemain lainnya sehingga Alex dapat menemui mereka.

Penerbangan resmi United – yang dioperasikan oleh mitra bernama Sportsbreaks – cenderung lebih mahal dibandingkan bepergian sendiri, namun menawarkan kenyamanan perjalanan sehari yang hanya membutuhkan satu hari libur kerja. Ini juga mencakup keamanan dan transfer. Sulit juga untuk mendapatkan pesawat sewaan pada saat-saat seperti ini, ketika orang masih menikmati matahari Mediterania.

Meskipun United tidak melakukan perjalanan untuk setiap pertandingan, ada penggemar yang melakukan perjalanan dengan membawa perlengkapan mereka dan tidak pernah melewatkan satu pertandingan pun selama bertahun-tahun.

“Semuanya tampak baik-baik saja, meskipun kami melihat ada penundaan penerbangan selama 15 menit,” kata Nield Sr. “Kami cenderung memesan melalui Sportsbreaks karena mereka mencakup semuanya. Terutama bepergian dengan Alex dan kebutuhan ekstranya, mereka mengatur segalanya. Itu sebabnya kami menggunakan perjalanan resmi klub. Ada keamanan di sana, semua orang mengenal Alex dan dia biasanya hebat.

“Ini bisa jadi sulit ketika Anda melakukan perjalanan sendiri pada hari pertandingan, jadi kami menghargainya ketika klub melakukan perjalanan ke luar negeri. Kami memesan perjalanan kami sendiri ke Bayern Munich tahun lalu, namun penerbangannya ditunda dan kami melewatkan pertandingan tim yunior.

“Semangatnya tinggi sebelum penerbangan ke Porto. Kami berkemah di sebuah restoran Italia. Kami menamakan diri kami ‘Terminal 2 di Bandara Reds’. Kemudian kami diberitahu bahwa ada masalah dengan penerbangan dari Roma, tidak ada yang mengalami kesulitan pernah mendengar tentang Maskapai penerbangan yang seharusnya Anda gunakan – AlbaStar.

Alex dan John Nield (dari kiri) dan teman-teman di Bandara Manchester (John Nield)

AlbaStar adalah perusahaan charter Spanyol dengan lima pesawat di armadanya. Ulasan online untuk perusahaan ini buruk – hanya diberi peringkat 1,8 dari lima di Trustpilot – tetapi serupa dengan ulasan banyak maskapai penerbangan hemat.

Pada pukul 7.06 pagi, fans yang telah melewati keamanan satu jam sebelumnya menerima pesan dari Sportsbreaks yang berbunyi: “Dengan menyesal kami informasikan kepada Anda bahwa penerbangan keberangkatan Anda ke Porto telah ditunda secara signifikan karena masalah teknis. Kami telah diyakinkan bahwa pesawat akan segera berangkat dari tujuannya saat ini di Roma. Namun, hal ini akan menyebabkan penundaan waktu keberangkatan.

Dua jam kemudian, penggemar menerima pesan lain.

“Kami bekerja keras dengan maskapai untuk mendapatkan waktu keberangkatan yang tepat dari Manchester. Namun, saat ini pukul 09:00 kami belum mendapatkan informasi terbaru mengenai perkiraan waktu keberangkatan.

Pada pukul 9.43 pagi, penggemar menerima pesan lain.

“Waktu keberangkatan yang dikonfirmasi: 14:30. Waktu kedatangan yang dikonfirmasi: 16:50. Kami memahami bahwa ini menunjukkan penundaan yang signifikan dalam rencana perjalanan Anda, dan Anda telah menghabiskan sebagian besar waktu Anda hari ini di Bandara Manchester. sebuah bus akan membawa Anda ke stadion.

Voucher makanan dan minuman (tanpa alkohol) dibagikan kepada mereka yang terkena dampak.

Sebuah email juga dikirim dari Sportsbreaks meminta maaf dan mengatakan bahwa penggemar dapat, berdasarkan hukum UE, mengajukan klaim kepada maskapai penerbangan untuk kompensasi penundaan penerbangan. Sportsbreaks juga mengatakan akan mengembalikan “50 persen dari nilai reservasi Anda.” Ini akan menjadi 50 persen dari biaya perjalanan resmi sebesar £489, dengan total nilai penukaran £244,50.

Pada pukul 13.49, penggemar menerima pesan yang berbunyi: “*PEMBARUAN PENTING*. Penerbangan AP1641 MAN — OPPO. Silakan lanjutkan ke boarding gate B5. Terima kasih banyak. Istirahat gym.”

Penggemar kemudian dipindahkan dengan bus ke pesawat AlbaStar 737 di bagian terpencil bandara. “Kami memperkirakan jam 3 sore adalah titik akhir terakhir untuk memulai permainan,” kata Nield. “Kami duduk di pesawat yang diperkirakan berangkat pada pukul 14.45 dan mengira pesawat akan berangkat setelah pukul 15.00, kami diberitahu bahwa mereka kesulitan mendapatkan waktu keberangkatan dari Manchester dari pengatur lalu lintas udara.

“Mereka menggunakan pesawat dari Italia,” jelas Matthew Ratcliffe, yang membawa putranya Eric (nama Cantona) yang berusia 12 tahun dalam perjalanan Eropa pertamanya ke luar negeri. “Pesawat dijadwalkan mendarat pada pukul 13.45 dan berangkat bersama kami pada pukul 14.30. Mereka memberi tahu kami di bandara bahwa waktu keberangkatan pukul 15.30 telah dipersingkat untuk membawa kami ke Porto, melalui bea cukai dan naik bus ke darat.

“Kami naik ke pesawat pada pukul 14.55 dan melakukan semua pemeriksaan keselamatan seperti biasa. Pada pukul 15.20 pilot mengumumkan bahwa kami tidak dapat mendapatkan tempat duduk selama 30 menit hingga pukul 15.45. Muatan memutuskan untuk turun dari pesawat, tetapi membawa langkah berarti melewatkan masa tunggu.” Jadi, jika ada yang turun, seluruh perjalanan akan terhenti.

“Mereka mendapat tempat untuk lepas landas tetapi tidak bisa mendapatkan tempat di Porto untuk mendarat selama 30 menit lagi karena cuaca, yang berarti lepas landas pada pukul 16.15. Saya menghabiskan lebih dari sembilan jam di bandara dan 90 menit di bandara pesawat.”

Beberapa fans Manchester United tiba di Estadio Edrajao (Zohaib Alam – MUFC/Manchester United via Getty Images)

Pada jam 5 sore, Manchester United mengirim pesan kepada para penggemar.

“Kami menyesal mendengar perjalanan Anda dengan Sportsbreaks.com telah dibatalkan hari ini. Sebagai isyarat niat baik, minggu depan kami akan mengirimkan Anda tiket gratis untuk pertandingan Liga Eropa UEFA melawan Bodø/Glimt (28 November). seperti biasa atas dukungan Anda yang tiada henti, yang sangat kami hargai. Kredit Tinggi – Anda tetap akan mendapatkan kredit untuk game tersebut.

Elliot Hawkins berada di pesawat bersama ayahnya.

“Hal yang paling membuat saya frustrasi adalah karena saya adalah anggota dan bukan pemegang tiket musiman, tiket pertandingan (di Inggris) sangat terbatas.” Ada ruang untuk Hawkins dan ayahnya di pesawat menuju Portugal. Bukan berarti mereka sampai di sana.

Tak lama setelah itu, Sportsbreaks mengirim email untuk meminta maaf. John dan Alex kembali ke rumah 14 jam setelah berangkat untuk perjalanan sehari ke Bandara Manchester.

Atlet Saya menghubungi AlbaStar pada hari Kamis untuk memberikan komentar dan belum menerima tanggapan. Atlet Kami menghubungi Sportsbreaks pada Jumat sore, dan kami juga meminta komentar dari Manchester United. Juru bicara klub segera menjawab, dengan mengatakan: “Manchester United sangat menyesal atas kekecewaan para penggemar yang terkena dampaknya. Mereka akan menerima pengembalian uang penuh dari mitra perjalanan Sportsbreaks.com, dan sebagai ucapan terima kasih atas dukungan mereka yang berkelanjutan, mereka akan menerima gratis tiket klub untuk pertandingan kandang kami di Liga Europa.” Melawan Budo/Glimt.

Kisah pembatalan penerbangan terkuak pada hari Kamis, tetapi puluhan penggemar United lainnya yang mencoba mencapai Porto juga tidak berhasil. Dengan lebih sedikit penerbangan langsung ke kota terbesar kedua di Portugal dibandingkan ke, katakanlah, Munich, Istanbul atau Kopenhagen, tempat United memainkan pertandingan Eropa musim lalu, koneksi diperlukan dan banyak yang tidak tersambung.

Andy Valentine berangkat dari Manchester sehari sebelum pertandingan.

“Kami berangkat pada hari Selasa dari Manchester, menuju ke Barcelona pada jam 9 malam untuk melanjutkan perjalanan,” katanya. “Penerbangannya tertunda dan tertunda. Pada jam satu pagi, mereka menaiki kami – dan butuh waktu satu jam untuk naik. Lalu mereka menyuruh kami semua kembali ke stasiun. Lalu tidak ada informasi lebih lanjut. Kami tidur di lantai di Manchester.

“Kemudian kami mengambil penerbangan ke Barcelona pada pukul 7.30 pagi. Kami ketinggalan penerbangan lanjutan ke Porto dan maskapai penerbangan tidak mengirimkan penerbangan lain kepada kami. Kami membeli tiket baru seharga €220 (£184; $241) masing-masing ke Porto dan menghabiskan hari itu di Barcelona Pada jam 9 malam Kami seharusnya terbang. Kami duduk di pesawat selama satu jam sebelum mereka memberi tahu kami bahwa kami akan pergi ke Lisbon karena mereka tidak dapat mendarat di Porto.

“Saat boarding selesai, kapten berkata, ‘Ini penerbangan singkat ke Santiago de Compostela.’” Semua orang saling memandang dengan bingung. Kami tiba di sana di tengah malam tetapi tidak ada seorang pun di bandara yang memberi kami kabar. Kami ditawari 500 euro untuk pergi ke Porto dengan taksi dan beberapa penggemar lainnya membayar jumlah tersebut. Kami tinggal di Bandara Santiago – malam kedua di darat.

“Setelah beberapa jam tidur, kami mencari cara untuk sampai ke Porto ketika sebuah penerbangan yang dialihkan tiba dari Belfast. Ada banyak penggemar United di dalamnya. Para penggemar itu kembali ke pesawat, menuju ke Porto diizinkan masuk karena kami awalnya belum memesan.” Pada penerbangan itu mereka berubah pikiran, biarkan kami terbang dan kami terbang – 15 menit – ke Porto pada jam 7 pagi pada hari pertandingan dan ketika kami sampai di sana kami tidur selama dua jam. tiga malam.

“Apa yang saya pelajari dari seluruh pengalaman ini adalah bahwa lantai beton di bandara tidak cocok untuk tempat tidur.”

Andre Onana memberikan tepuk tangan kepada fans Manchester United pada pertandingan tersebut (Erik Verhoeven/Socrates/Getty Images)

David Pye, dari Stretford, adalah salah satu dari mereka. “Kami seharusnya terbang dari Manchester ke Porto melalui Paris pada hari Rabu. Segera setelah pintu penerbangan ke Paris ditutup, semua orang menerima pesan teks yang mengatakan penerbangan dari Paris ke Porto dibatalkan Paris di sebelah bandara.”

Penerbangan pulang Pai juga tertunda, dan dia tiba pada hari Sabtu pukul 5 pagi – terlambat lima jam. Bani, penggemar lain yang bepergian bolak-balik bersama United, tidak berhasil melewati Paris dalam perjalanannya keluar. Dia mencoba dan gagal menghubungi Porto pada hari pertandingan.

Atlet Saya berbicara dengan beberapa penggemar lain yang sangat terlambat sehingga mereka harus membeli tiket baru. Beberapa berhasil mencapai Porto, yang lain berhasil mencapai kota-kota Eropa lainnya sebelum waktu habis.

Ada beberapa hal positif. Harga tiket di bagian United hanya €40 berkat UEFA yang mendengarkan kelompok pendukung seperti Football Supporters Europe (FSE) dan menerapkan perubahan tersebut. Musim depan akan dikurangi menjadi 35 euro di Liga Europa dan 50 euro di Liga Champions. Penggemar United sering membayar antara €75 dan €119 pada perjalanan sebelumnya ke Iberia.

Permainannya juga tidak buruk, setidaknya bagi pihak netral. Tidak ada penggemar perjalanan yang dapat digambarkan seperti itu.

Banyaknya hasil imbang Porto mungkin memberikan hikmah bagi para penggemar yang melewatkan pertandingan tersebut. Meski tidak ada penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut, tidak ada kemenangan di Eropa – meski Harry Maguire memastikan itu bukan kekalahan total.

(Gambar atas: Zohaib Alam – MUFC/Manchester United via Getty Images)