Saya menggunakan AI untuk merencanakan perjalanan saya ke Kosta Rika, dan oleh karena itu saya tidak akan pernah menggunakannya lagi

Di dunia yang penuh dengan skeptis terhadap AI, saya sangat optimis terhadap penyebaran AI. Ya, ia memiliki sisi gelapnya, seperti deepfake (maksud saya, apakah Anda melihat apa yang terjadi pada Taylor Swift?), perpindahan karier, dan kelesuan intelektual yang disebabkan oleh AI.

Namun saya berpendapat bahwa semua teknologi canggih baru bersifat disruptif (misalnya Internet, aplikasi ride-sharing, media sosial), menyebabkan kerusakan pada beberapa aspek masyarakat dan membawa manfaat pada aspek lain.

Pendukung AI mengklaim bahwa AI akan membuat hidup kita lebih mudah, jadi saya memutuskan untuk mengujinya. Berlibur selama lima hari memang menyenangkan, namun menyusun itinerary selama kurang lebih seminggu bahkan lebih menyenangkan TIDAK. Jadi, untuk pertama kalinya, saya mengandalkan ChatGPT untuk merencanakan perjalanan saya ke Kosta Rika bersama pasangan saya — dan saya tidak yakin saya akan melakukannya lagi.

Lihat juga:

OpenAI sedang mempratinjau generator suara sintetisnya, Voice Engine

Apa yang saya inginkan dari perjalanan saya ke Kosta Rika

Ada lima hal yang ingin saya lakukan di Kosta Rika: ziplining, off-road 4×4, mendaki Air Terjun La Paz, tur mencicipi makanan, dan menjelajahi San Jose. Namun yang terakhir adalah saya paling membutuhkan bantuan, jadi saya meminta bantuan AI.

Perairan mengalir di Taman Alam Taman Air Terjun La Paz
Kredit: Jason Inggris

Meskipun saya mendapat alokasi lima hari ke Kosta Rika, secara realistis kami hanya punya tiga hari untuk bermain. Mengapa? Saya terbang ke San Jose, Kosta Rika, pada hari Senin pukul 10 malam, sehingga sudah terlambat untuk melakukan hal penting ketika kami tiba. Penerbangan saya ke New York dilakukan tepat setelah tengah malam pada hari Jumat, jadi hari itu juga sudah berakhir.

Saya dapat memesan tur mencicipi makanan (“Makanan dan Tempat”) pada hari Selasa, dan menikmati ziplining dan ATV pada hari Rabu. Kami melakukan perjalanan Air Terjun La Paz pada hari Kamis. Jadi, Selasa – sebelum Tur mencicipi makanan kami pada pukul 15.00 adalah satu-satunya hari kami dapat melakukan penjelajahan di San Jose.

Apa yang saya gunakan untuk merencanakan perjalanan saya ke Kosta Rika

Saya menggunakan ChatGPT versi gratis — tepatnya ChatGPT 3.5 — untuk merencanakan tur saya ke San Jose.

Klaim saya:

“Saya menginap di URBN Escalante di San Jose, Kosta Rika, dan saya ingin melihat tempat-tempat menarik dan wajib dikunjungi, termasuk tempat terbaik untuk mengambil foto dan membeli suvenir murah. Kami ingin selesai di Los Presentes jam 3 sore saya mulai jam 9 pagi. “Belum termasuk makan siang. Sertakan itinerary.” (Catatan: Orang-orang yang ada di sini Di situlah kami diminta bertemu untuk tur mencicipi makanan pada jam 3 sore.)

Tanggapan ChatGPT:

09:00 mulai di URBN Escalante. Berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan sekitar dan sarapan di salah satu kafe lokal.

10 pagi, pergi ke pasar sentral (El Mercado Central). Jelajahi pasar yang ramai, cicipi buah-buahan lokal, dan abadikan pemandangan penuh warna untuk foto Anda.

11:30 Berkendara ke Barrio Amon. Jelajahi jalanan dan nikmati arsitektur bersejarah dan seni jalanan. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto sepanjang perjalanan.

13.00 Mengunjungi Pasar Kerajinan Nasional. Jelajahi kios-kios untuk membeli suvenir murah seperti kerajinan tangan, keramik, dan karya seni lokal.

14.00, selesaikan belanjaanmu dan pergilah ke Lost Presentes. Luangkan waktu untuk melihat-lihat pilihan oleh-oleh dan cenderamata unik sebelum tutup pada jam 3 sore

Pukul 15.00 tiba di Los Presentes untuk mengakhiri hari penjelajahan dan belanja Anda.

Mengapa saya tidak akan pernah mengandalkan ChatGPT lagi

“Berjalan-jalan di sekitar lingkungan” terasa sangat tidak jelas. Jika saya ingin berkelana tanpa tujuan, saya tidak akan meminta ChatGPT membuatkan rencana perjalanan untuk saya.

Kami menemukan beberapa mural yang menarik perhatian dan ramah Instagram di Barrio Escalante (tempat kami menginap), jadi kami terkejut karena ChatGPT tidak menyebutkannya dalam rencana perjalanan kami.

Mural di San Jose, Kosta Rika

Mural yang menarik perhatian di San Jose, Kosta Rika
Kredit: Jason Inggris

Selain itu, saya seharusnya menambahkan “sarapan tidak termasuk” dalam surat saya, karena kami sudah minum kopi dan kue sebelum berangkat. Tapi jika kita sebuah aksi Saya mau sarapan, alangkah baiknya jika ChatGPT cukup “pintar” untuk merekomendasikan spesifik Sebuah kafe yang populer di kalangan penduduk lokal dan turis.

Namun, kami mendengarkan ChatGPT dan pergi ke Mercado Central. Pada pandangan pertama, kami tidak terkesan. Itu tampak seperti pasar makanan segar khas Amerika Tengah yang sibuk. Saya langsung terganggu oleh bau busuk ikan yang melayang di udara.

Pasar Sentral di San Jose

Kredit: Jason Inggris

Menantang baunya, kami melewati kios-kios penjual yang menjual segala sesuatu yang dapat Anda pikirkan, mulai dari alat ilmu hitam berwarna-warni dan kicauan burung peliharaan hingga makanan lezat Kosta Rika seperti Gallo pinto (hidangan sarapan populer berupa nasi dan kacang-kacangan) dan Dewasa (pisang manis).

Kami juga menemukan toko suvenir, di mana saya membeli mug kayu cantik dengan desain burung beo Kosta Rika yang menakjubkan. (Karena itu, kami akhirnya melewatkan proposal Pasar Kerajinan Nasional.)

Mug suvenir kayu dari Kosta Rika

Kredit: Kimberly Gideon/Mashable

Namun, seperti yang saya ketahui kemudian dalam perjalanan saya, saya sepenuhnya meremehkan Mercado Central.

Manusia mengalahkan kecerdasan buatan – kali ini

Saya sedikit kecewa dengan Mercado Central, jadi ketika pemandu wisata Bites and Sites membawa kami ke Kosta Rika di belakang Saya berpikir: “Jangan lagi!”

Namun, pemandu wisata menghidupkan kembali minat kami terhadap pasar makanan segar dengan memberikan beberapa konteks sejarah yang menarik. Misalnya, kami mampir di kedai es krim – yang sebelumnya kami abaikan – yang tampak seperti toko makanan ringan biasa. Ternyata, kedai es krim yang dikelola keluarga dan dilindungi pemerintah ini telah berdiri sejak tahun 1910, dan telah menyajikan es krim dengan rasa yang sama selama 114 tahun.

Bahannya terdiri dari pala, cengkeh, kayu manis, dan vanila yang memberikan warna kuning menarik. Saya mencicipinya, dan itu benar-benar nikmat.

Toko es krim di Mercado Central

Toko es krim di Mercado Central di San Jose
Kredit: Jason Inggris

Anda tidak memberi tahu kami Yangobrolan gbt.

Pemandu wisata kami juga menyarankan kami untuk mencobanya kaldu, ceviche Dicampur dengan corn flakes rasa barbeque. Saat kami bertanya: “Bagaimana asal mula hidangan ini?” Pemandu wisata berkata: “Anak-anak sekolah! Mereka melemparkan keripik kentang ke dalamnya. ceviche Saat istirahat makan siang mereka. Entah bagaimana, ide yang tidak lazim ini menyebar ke seluruh negeri.”

Caldosa dari San Jose

Caldosa dari Mercado Central di San Jose
Kredit: Jason Inggris

Permata lain yang tidak diberitahukan oleh ChatGPT kepada kami.

Dan ini hanya menggores permukaannya saja. Banyak sekali informasi yang dibagikan oleh pemandu wisata yang tidak akan kami dapatkan dari ChatGPT. Kami berjalan-jalan sebentar melewati pasar Mercado Central, dan mengabaikannya, mengira itu adalah pasar yang ramai. Namun ternyata, dengan bantuan A Manusia Sebagai pemandu wisata, kami diberi banyak informasi yang mungkin saya lewatkan jika saya mengandalkan ChatGPT sepenuhnya.

Bahkan setelah menanyakan detail lebih lanjut kepada ChatGPT tentang apa sebenarnya yang harus kami jelajahi di dalam Mercado Central, kami tidak mendapatkan substansi apa pun yang dapat bermanfaat bagi tur manual kami.

Bagaimana ChatGPT bisa menjadi panduan perjalanan AI yang berguna

Seperti yang saya sebutkan di awal, sebelum menggunakan ChatGPT, saya sebenarnya cukup optimis dengan kemampuannya. Namun setelah menggunakannya untuk merencanakan satu hari perjalanan saya ke Kosta Rika, saya kecewa.

Ingatlah bahwa saya menggunakan ChatGPT tingkat gratis. Perlu dicatat bahwa bahkan OpenAI, organisasi di balik ChatGPT, mengakui bahwa chatbot AI telah menjadi “malas”. Rencana perjalanan saya yang ceroboh sama dengan seseorang yang secara samar-samar menunjuk ke arah acak setelah Anda meminta bantuan untuk melakukan navigasi.

Berbeda dengan “berjalan keliling kota” dan “mengunjungi kedai kopi lokal” (sesuatu siapa pun Mereka bisa membawanya jalan-jalan jika ingin menjadi gelandangan tanpa tujuan), saya lebih suka daftar ChatGPT spesifik panas Tempat dan lokasi yang patut diperhatikan. Blok apa sebenarnya yang harus saya jelajahi? Apakah ada kafe bintang lima tertentu yang harus saya kunjungi?

Rekomendasi ChatGPT tentang Barrio Amón untuk foto Instagrammable benar-benar fantastis, tetapi kami terkejut karena bot AI tidak menyarankan lokasi indah San José lainnya yang kami lihat, termasuk “SJO ¡Vive!” Patung di seluruh kota.

SJO Vive menandatangani di San Jose

SGO Langsung! Struktur di San Jose, Kosta Rika
Kredit: Kimberly Gideon/Mashable

Tentu saja, sentuhan manusia akan selalu lebih baik daripada apa yang dapat diberikan oleh AI, namun saat ini, ChatGPT bahkan belum hadir. Menutup Apa yang bisa ditawarkan oleh pemandu wisata sejati. Sial, itu bahkan tidak sama Stadion Bola.

Saat ini, ketika membuat rencana perjalanan, papan skornya adalah Manusia: 1 dan AI: 0.